cikur

Apa Sih Cikur Itu?

Banyak yang bertanya apa itu cikur?

Apa sih cikur, penasaran kan? Cikur adalah bahasa sunda untuk kencur. Sudah banyak diketahui, kencur atau dalam bahasa sunda dikenal dengan nama cikur adalah tanaman herbal yang memiliki rimpang (rhizome) beraroma sangat harum.

Kencur adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur dan pro hom. Wikipedia

Adapun biasanya kencur digunakan pada bahan-bahan jamu alami olahan yang biasa dijual di pagi hari. Selain itu, dikutip hellosehat.com, kencur adalah salah satu jenis bumbu dapur yang memiliki aroma khas yang segar dan menyeruak.

Cikur Tanaman Obat

Selain digunakan sebagai penambah cita rasa dalam masakan, manfaat kencur juga sudah lama dikenal sebagai obat alami.

Tanaman yang berasal dari Asia ini masuk ke dalam keluarga suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Spesies Zingiberaceae tidak hanya berisikan tanaman kencur saja, tapi juga meliputi jahe, kunyit, serta lengkuas.

Dengan kata lain, kencur sebenarnya masih satu keluarga dekat dengan jahe, lengkuas, maupun kunyit. Sementara itu, pada bagian daun kencur, tanaman tersebut mempunyai manfaat untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, oftalmia, dan pharyngodynia.

Sedangkan pada bagian rimpang atau akar, kencur memiliki aroma yang sangat kuat. Rimpang biasa dikonsumsi sebagai bagian dari proses pengobatan medis herba, meski tidak semua negara pengguna kencur memanfaatkannya.

Nah sekarang kebayang kan kalo cikur dibuat jadi nasi cikur? pasti mantap donk, mau cobain dengan lauk pauk khas parahyangan lain? Cek deh menu catering TerasRumah38.

nasi cikur teras rumah 38 bandung